Jangan Ketinggalan! Ini Syarat Umroh untuk Anak, Usia Minimal, dan Dokumen yang Dibutuhkan

syarat umroh untuk anak

Mengajak anak menunaikan umroh bisa menjadi pembelajaran sekaligus pengalaman spiritual yang tak terlupakan bagi si kecil. Namun, sebelum berangkat, pastikan Anda telah memahami syarat umroh untuk anak secara detail. Terlebih, peraturan mengenai syarat umroh anak terus mengalami pembaruan. Mulai dari syarat anak bisa umroh, dokumen yang dibutuhkan hingga tips persiapan perjalanan akan dibahas dalam artikel di bawah ini., sebagai panduan lengkap bagi Anda yang ingin mengajak si kecil beribadah umroh.

Apa saja Syarat Membawa Anak saat Umroh?

Syarat umroh untuk anak penting untuk dipatuhi guna menjaga kemanan serta kenyamanan Anda beserta si kecil selama di Tanah Suci. Ada beberapa syarat umum yang perlu diperhatikan apabila Anda ingin membawa anak saat umroh, di antaranya :

Batasan Usia Minimal Anak Umroh

Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi memperbolehkan anak ikut umroh, sebab tidak ada batasan usia minimal yang ditetapkan. Baik bayi, balita, maupun anak-anak dalam usia sekolah dasar diizinkan untuk ikut serta dalam perjalanan ibadah ke Tanah Suci ini. Tentunya keputusan ini memiliki ketentuan tertentu seperti harus didampingi oleh orang dewasa dan memiliki surat izin dari orang tua.

Meski begitu, ada beberapa biro penyelenggara umroh yang memiliki kebijakan tertentu dalam membawa anak ke Tanah Suci. Disarankan untuk selalu memeriksa biro perjalanan yang digunakan untuk mendapatkan informasi seputar persyaratan umroh untuk Anak yang berlaku.

Baca Juga: 5 Pusat Grosir di Mekkah Yang Paling Populer

Syarat Kesehatan Anak Berangkat Umroh

Sebelum keberangkatan, pastikan kondisi kesehatan anak dalam keadaan prima dengan melakukan pemeriksaan lengkap meliputi fisik, darah dan pemeriksaan lainnya yang diperlukan. Pastikan anak juga telah mendapatkan vaksinasi yang lengkap seperti vaksin meningitis dan vaksin lainnya sesuai peraturan pemerintah serta saran dari dokter.

Hal Pendampingan

Anak-anak di bawah umur harus dalam pendampingan orang tua atau wali yang bertanggung jawab. Pendampingan dilakukan untuk memastikan keamanan anak tersebut selama berada di Tanah Suci.

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Umroh Anak

Berikut adalah dokumen-dokumen penting umroh untuk anak yang harus disiapkan, di antaranya :

Paspor

Dokumen paspor masih berlaku minimal 6 bulan sejak tanggal kepulangan, dengan foto yang jelas dan sesuai kondisi terkini anak.

Visa Umroh

Umumnya visa umroh anak diajukan bersamaan dengan visa orang tua.

Kartu Keluarga

Ini sebagai bentuk bukti adanya hubungan keluarga antara anak dengan orang tua.

Akta Kelahiran

Meskipun hanya pelengkap, akta kelahiran sangat dibutuhkan, terutama jika terjadi kesalahan data antara paspor dan kartu keluarga.

Surat Izin Orang Tua

Diperlukan surat izin tertulis dari orang tua bagi anak yang berpergian bersama wali atau pihak lain selain pihak orang tuanya.

Baca Juga: 6 Pasar Murah di Mekkah dekat Masjidil Haram, Cocok Buat Oleh-Oleh!

Persiapan Mental Anak Sebelum Berangkat

Perjalanan jauh, perubahan lingkungan serta rutinitas ibadah dapat memengaruhi emosi dan perilaku anak. Oleh karena itu, pertimbangan kondisi psikologis anak menjadi satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Berikut beberapa bentuk persiapan mental anak sebelum berangkat umroh yang perlu orang tua lakukan :

  1. Berikan penjelasan sederhana seputar ibadah umroh dengan bahasa yang mudah dipahami.
  2. Ajak anak ikut serta dalam segala persiapan sebelum keberangkatan. Ini membantu mereka merasa dilibatkan dan lebih bersemangat.
  3. Pelan-pelan berikan latihan kecil untuk anak melakukan ibadah-ibadah sederhana yang akan dilakukan di Tanah Suci.
  4. Isi waktu luang anak dengan kegiatan yang edukatif namun tetap menyenangkan,
  5. Selalu berikan pujian dan dorongan kepada anak ketika berhasil melakukan rangkaian ibadah dengan baik.

Tips Umroh Bersama Anak Selama dalam Perjalanan

Anak rentan merasa tidak nyaman dalam perjalanan panjang. Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kenyamanan selama menjalankan umroh bersama Anak :

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dapat membantu Anda dan anak Anda tetap selalu dalam kondisi fisik yang sehat. Jangan terlalu memaksakan anak untuk mengikuti semua kegiatan.

Sabar dan fleksibel

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi selama di Tanah Suci. Tetap bersikap sabar dan fleksibel dalam menghadapi perubahan perilaku anak yang tidak terduga.

Jaga pola makan

Anak-anak membutuhkan banyak energi untuk melakukan berbagai aktivitas di Tanah Suci. Makanan bergizi dan pola makan yang teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Lakukan aktivitas menyenangkan

Aktivitas yang menyenangkan dapat membantu menjaga suasana hati anak agar tetap positif, sehingga mereka akan selalu antusias selama melakukan perjalanan umroh.

Nah, itulah penjelasan mengenai syarat umroh untuk anak beserta persiapan dan tips selama perjalanan yang perlu orang tua lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat!